IPB: Menuju sekolah vokasi

IPB: Menuju Sekolah Vokasi IPB

Program Diploma IPB, Bogor. Pengembangan pendidikan dari Program Diploma IPB menjadi Sekolah Vokasi masih menjadi  isu terhangat dikalangan mahasiswa. Informasi-informasi yang terkait dengan perkembangan berita itu pun masih simpang siur. Walaupun sudah banyak berbagai isu yang terbentuk dikalangan mahasiswa terkait dengan berita tersebut. Salah satu isunya adalah adanya perubahan nama “Program Diploma IPB menjadi PPB( Politeknik Pertanian Bogor)”.

Direktur Diploma Institut Pertanian Bogor, Dr. Ir Bagus P. Purwanto, M.Agr mengemukakan bahwa isu terkait dengan  perubahan nama Program  Diploma IPB menjadi PPB (Politeknik Pertanian Bogor) itutidak benar. “Tidak ada perubahan nama seperti itu, sama halnya dengan UGM nama kita akan menjadi Sekolah Vokasi IPB” katanya, saat ditemui di Gedung CC Program Diploma IPB.
Ditambahkan juga oleh Direktur Diploma IPB, bahwa akan ada perbedaan model pembelajaran dari sebelumnya.  Model delivery pembelajaran yang akan diterapkan mengarah kepada pendidikan ketrampilan. Dimana mahasiswa akan diarahkan pada sistem penempatan kerja langsung di industri sekitar diatas 40%, kuliah 20% dan praktikum 20%. Dengan sistem jam belajar yang tetap mengacu pada 108-110 SKS. Lama jenjang pendidikan yang ditempuh mahasiswa pun nantinya akan disesuaikan dengan jenjang yang dipilih yaitu, D1 satu tahun, D2 dua tahun, D3 tiga tahun dan D4 selama empat tahun.

Berita lainnya yang terkait dengan pengembangan ke arah Pendidikan Sekolah Vokasi seperti peresmian yang akan dilakukan pada bulan Maret tahun 2015 dan akan adanya jurusan baru pun juga tidak dibenarkan oleh Direktur Program Diploma IPB. “Kita belum mengarah kesitu, ada beberapa tahap yang perlu kita lakukan dan koordinasikan dengan pihak rektor, karna pengembangan ke arah sekolah vokasi bukan hanya keinginan dari pihak kita sendiri tetapi didukung oleh banyak pihak”.

Wakil Rektor Institut Pertanian Bogor Bidang Sumber Daya dan Kajian Strategis Prof. Hermanto Siregar pun juga mengapresiasi Program Diploma IPB  yang menyelanggarakan loka karya Nasional Program Vokasi pada hari Senin 28 Oktober 2015 di IPB Conventional Center Bogor. Dikutip dari antarabogor.com Prof. Hermanto mengemukakan “Pengarausatamaan pertanian tidak bisa dilaksanakan jika tenaga pendidikan menengah tidak dipersiapkan, oleh karena itu dikembangkan sekolah vokasi di IPB”.

Mahasiswa pun menyambut hangat dengan adanya pengembangan ke arah Pendidikan Sekolah Vokasi. “Saya sih sangat senang  jika Program Diploma menjadi sekolah vokasi, tetapi pengembangan tersebut juga harus diikuti dengan pengembangan fasilitasnya dan nama IPB tidak ikut dihilangkan” ujar Devi mahasiswi Program Keahlian Ekowisata 50. Aspirasi dari mahasiswa pun tidak diacuhkan oleh institusi. Pengembangan fasilitas akan tetap dijalankan seperti biasa dengansistem program jalan.


Harapan dari Direktur Program Diploma IPB sendiri terkait dengan pengembangan pendidikan ke arah vokasi adalahindustri yang bekerjasama dapat memperbesar peluang beasiswa dan peluang magang mahasiswa sehingga lulusan dapat sesuai dengan bidangnya. (nisa nur hafidza)

Comments

Popular posts from this blog

Filosofi pecel